Saturday 7 June 2014

Manfaat Asam Folat Bagi Kesehatan


Manfaat Asam Folat bagi ibu hamil yaitu untuk membantu perkembangan otak pada janin dan mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat. Tentunya kita sebagai orang tua tidak menginginkan anak kita lahir dalam keadaan cacat bukan? Perlu diketahui wanita hamil itu setiap harinya membutuhkan kurang lebih 600 mcg (mikrogram) atau 0,6 Mg (miligram) Asam Folat dan lebih baik dan sangat dianjurkan untuk mendapatkan asupan gizi Asam Folat tersebut dengan mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung Vitamin B9 atau Asam Folat.
Sedangkan pada ibu yang sedang menyusui, setidaknya membutuhkan lebih sedikit Asam Folat dari ibu hamil kira-kira ibu menyusui membutuhkan 500 mcg setiap harinya. Bukan hanya ibu hamil dan menyusui saja yang membutuhkan Asam Folat namun remaja baik wanita maupun pria, bahkan orang dewasa juga membutuhkan yang namanya Asam Folat, kira-kira remaja dan orang dewasa membutuhkan setidaknya 400 mcg setiap harinya.
Balita yang sedang masa pertumbuhan juga membutuhkan Asam Folat sekitar 150 mcg per hari, sedangkan untuk anak usia 4-8 tahun membutuhkan asupan Asam Folat 200 mcg, dan anak usia 9-13 tahun membutuhkan Asam Folat 300 mcg.

Kekurangan Asam Folat dapat mengakibatkan beberapa penyakit
seperti Anemia, sariawan, diare dan resiko bayi cacat saat lahir. Dibawah ini adalah buah-buahan yang mengandung Asam Folat atau Vitamin B9.


  • Jeruk Buah jeruk selain memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi juga mengandung Asam Folat yang tinggi, buah yang terkenal dengan rasa asam yang sangat tinggi, dibalik rasa asamnya tersebut terdapat kandungan Asam Folat  setidaknya 50 mcg per buahnya. Dengan mengkonsumsi 1 buah jeruk anda sudah mendapat kurang lebih 50 mcg Asam Folat atau Vitamin B9
  • Alpukat Sering kita dengar bahwa minum jus Alpukat sangat baik untuk kesehatan, dibalik rasa buahnya yang enak terdapat berbagai macam sumber nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kita. Jika kita sering mengkonsumsi jus Alpukat, maka kita akan mendapat
    asupakan Asam Folat kurang lebih 90 mcg, ternyata buah alpukat lebih tinggi kandungan asam folat nya jika dibandingkan dengan buah jeruk. Selain Asam Folat, buah alpukat juga mengandung asam lemak dan juga Vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Strawberry   Buah Strawberry merupakan buah
    yang memiliki rasa asam, seperti buah jeruk buah strawberry juga banyak mengandung Vitamin C dan Juga Asam Folat. Jika anda mengkonsumsi jus strawberry setidaknya 1 gelas, maka anda akan mendapatkan asupan Asam Folat sekitar 25 mcg.
  • Pepaya Buah Pepaya adalah buah yang sering kita jumpai dan banyak terdapat di Indonesia,beberapa jenis pepaya tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dalam 1 buah pepaya terdapat kandungan Asam Folat kurang lebih 115 mcg.
    Maka buah ini sangat cocok di konsumsi untuk dapat memenuhi asupan Asam Folat, selain itu pepaya juga baik untuk pencernaan.
  • Pisang Seperti buah pepaya, Buah Pisang juga baik untuk pencernaan, di Indonesia pisang banyak sekali ragam dan jenisnya, seperti kita ketahui bersama buah pisang bermanfaat dan berkasiat untuk kesehatan. Beberapa Vitamin dan zat penting yang diperlukan oleh tubuh juga terdapat pada buah yang satu ini. Dalam 1 Buah pisang matang mengandung setidaknya 24 mcg Asam Folat. Jika
    mengkonsumsi buah pisang lebih dari 1 buah, maka tubuh kita akan mendapatkan berkali-kali lipat Vitamin B9 bagi tubuh.
Selain terdapat dari buah-buahan yang saya tulis diatas, Asam Folat atau sering juga disebut Vitamin B9 juga bisa kita dapatkan dari bahan makanan lainnya, misalnya sayuran dan kacang-kacangan seperti bayam, brokoli,kacang hijau, kacang almond, biji bunga matahari, labu, wortel, seledri, kembang kol, jagung, kentang dan lain sebagainya.

0 comments :

Post a Comment

◄ Posting Baru
 

Copyright © 2012. Semua Manfaat - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates