Monday 9 June 2014

Manfaat Asam Folat Bagi Pria

Selama ini sering kita dengar bahwa Asam Folat itu salah satu nutrisi yang harus dipenuhi oleh wanit hamil kebetulan posting sebelumnya saya juga telah membahas Manfaat Asam Folat Bagi wanita Hamil, karena Asam Folat (Vitamin B9) dapat mencegah cacat pada bayi saat dilahirkan. Namun perlu anda ketahui bahwa Asam Folat juga baik dikonsumsi pria dewasa hingga lansia, apalagi bagi Pria yang mengalami masalah kesehatan reproduksi .
Dengan mengkonsumsi Asam Folat secara teratur dapat memperbaiki sperma yang rusak hingga jadi normal kembali. Bukan hanya itu saja friends Asam Folat juga dapat mengurangi resiko terkena kanker, penyakit jantung, serta penyakit dalam lainnya.
 
Asam Folat juga dapat mencegah komplikasi pada diabetesi (penderita diabetes melitus). Asam Folat sebagai salah satu Vitamin B juga memiliki fungsi sebagai kofaktor enzim untuk pembentukan deoxyribonucleic acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA) yang berperan dalam replikasi sel. Kekurangan asam folat membuat pembelahan sel jadi tidak normal.Dan keadaan inilah yang menyebabkan timbulnya kanker didalam tubuh.
Bukan hanya itu, kekurangan Asam Folat juga menyebabkankan sperma rusak kromosomnya atau jumlah kromosomnya tak lengkap (aneuploidy).


Kondisi sperma pria yang biasa mengonsumsi asam folat yaitu sekitar 1.150 mcg (mikrogram) terkoreksi hingga normal. Dan hasil akan lebih baik lagi bila pria terpenuhi asupan seng, vitamin C, vitamin E, maupun betakaroten setiap harinya.Seorang pria yang terpenuhi asupan asam folat secara rutin maka akan meraup keuntungan ganda. Selain menjadikan  kualitas sperma semakin bagus, ternyata mengkonsumsi asam folat ikut andil dalam membantu mendapatkan calon anak yang sehat dan lahir normal. Dan yang penting, anak terhindar dari risiko down syndrome dan penyakit terkait kromosom lain (cacat).

Anda tidak perlu khawatir jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi asam folat, cadangan asam folat ditubuh kita akan disimpan dalam hati. Bila konsumsi asam folat berlebihan, tubuh akan membuangnya melalui urine. Kasus keracunan akibat konsumsi asam folat berlebihan itu sangat jarang terjadi.

Asam folat bisa diperoleh dari makanan sehari-hari, terutama sayuran berdaun hijau, daging tanpa lemak, hati, biji-bijian, kacang, dan jeruk untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Bahan Bahan Penghasil Asam Folat. Bila perlu, konsumsi suplemen asam folat.

 Selain karena proses pemasakan yang keliru ternyata ada enzim yang bisa merusak asam folat, maka sangat disarankan untuk menghambat kerusakan asam folat kita juga harus mengkonsumsi vitamin C Tiap hari, perempuan berusia 20-40 tahun butuh 60 mg saja. Seperti yang saya sebutkan diatas karena proses memasak yang salah bisa membuat Asam Folat rusak atau berkurang maka sebaiknya konsumsi sayuran berupa lalapan (masih segar). Kalau memang terpaksa harus dimasak usahakan proses memasaknya jangan terlalu lama / matang.

1 comments :

Unknown said...

Oh jadi asam folat juga penting ya untuk pria. Kalau untuk stamina loyo pakainya apa ya ? Apa suplemen kesehatan pria supervira bisa jadi rekomendasi ?

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Semua Manfaat - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates