Saturday 14 June 2014

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan


Daun Kemangi atau Ocimum basilicum yang memiliki arti tumbuhan beraroma.
Hal ini merujuk pada aroma
khas yang keluar dari daun kemangi. Di Indonesia daun kemangi sering dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap berbagai jenis masakan untuk menambah aroma yang sedap, atau juga disajikan sebagai lalapan, namun selain itu daun kemangi juga dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tapi pada kesempatan ini saya akan ulas terlebih dahulu tentang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan.
Didalam daun kemangi terkandung berbagai macam sumber gizi yang bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan, antara lain Betakaroten (provitamin A) dan Vitamin C. Betakaroten bermanfaat untuk meningkatkan fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi atau meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan juga sebagai antioksidan.
Sedangkan Vitamin C berguna untuk mempercepat pembentukan kolagen yang berfungsi dalam proses penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit, membantu penyerapan kalsium dan besi, antioksidan, mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker). Kolagen merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti pada
tulang rawan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit, dan tendon (urat otot). Selain betakaroten dan Vitamin C , daun kemangi kaya akan berbagai mineral makro, yaitu kalsium, fosfor, dan magnesium. Kalsium penting bagi pembentukan dan pertumbuhan tulang, transmisi impuls saraf, membantu kontraksi otot, dan membantu mengaktifkan reaksi enzim. Fosfor berperan dalam pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asam dan basa. Magnesium membantu menenangkan jantung dan pembuluh darah, sehingga semakin memperlancar aliran darah.
Manfaat daun kemangi untuk kesehatan sangatlah berfariasi diantaranya adalah untuk mencegah demam , masuk angin, jantung, stroke hingga mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat nikotin efek. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun kemangi.
Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan
  • 1. Meredakan demam & masuk angin
    Daun kemangi dapat dimanfaatkan untuk meredakan demam dan masuk angin yang dialami oleh balita.
  • 2. Kesehatan Jantung
    Menurut beberapa penelitian, daun kemangi dapat berperan dalam memelihara kesehatan Jantung karena kandungan betakaroten dan magnesium. Keduanya merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung kita.
  • 3. Mengatasi Stroke
    Daun Kemangi dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke karena kandungan isoflavon yang terdapat pada kemangi.
  • 4. Anti radang
    Kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi dipercaya berfungsi sebagai antibiotik alami dan anti peradangan.
  • 5. Anti Inflamasi
    Daun Kemangi merupakan agen anti inflamasi yang memiliki tugas mampu menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi. Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang untuk mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang).
  • 6. Menyehatkan Mata dan Mulut
    Vitamin A dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang lelah, dan mencegah gangguan pada mata lainnya. Bukan cuma itu daun kemangi juga punya efek menyegarkan bau mulut jika dikonsumsi dalam keadaan segar.
Selain beberapa manfaat daun kemangi yang telah saya urai diatas masih banyak lagi manfaat daun kemangi yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tunggu saja artikel selanjutnya di blog semua manfaat

0 comments :

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Semua Manfaat - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz Templates